Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui - Pisang, buah murah meriah, bisa diolah menjadi aneka panganan dan tentu saja bisa langsung dinikmati ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan wajah. Buah ini bisa kita jumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Buah ini terkenal sebagai makanan favorit monyet, bukan berarti yang suka makannya adalah monyet :P.

Mungkin kita sering menikmatinya sebagai makanan penutup, atau lebih baiknya lagi sebagai makanan pembuka, untuk penjelasannya tidak kami bagikan di sini, kenapa harus makan buah sebelum makan berat, silahkan searching sendiri ya. Karena kali ini admin hanya ingin berbagi beberapa Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang harus anda ketahui.

Setidaknya ada 7 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang harus anda ketahui, apa saja manfaatnya? Berikut ini kami sajikan untuk anda.

manfaat pisang, khasiat pisang, manfaat pisang bagi kesehatan, khasiat pisang bagi kesehatan

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan



  • Sebagai Sumber Energi

Kandungan gula dalam pisang dengan mudah dapat dicerna dan diubah menjadi sumber energi, sehingga sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. Saat memakan pisang, kita akan lebih cepat kenyang, hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan karbohidrat sehat. Karbohidrat inilah yang dapat menambah energi bagi tubuh kita. 

  • Menyehatkan Sistem Pencernaan



Kandungan serat yang dimiliki pisang dapat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh serta mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Kandungan pektin pada buah pisang mampu mencegah senbelit. Berdasarkan hasil penelitian, rutin makan pisang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker lambung. 

  • Melancarkan Peredaran Darah



Kandungan kalium dan potasium dalam pisang berfungsi untuk membantu sirkulasi tubuh, sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga mampu membantu denyut jantung menjadi teratur, mengurangi risiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah supaya normal. 

  • Meningkatkan Kesehatan Otak



Caranya dengan mengkonsumsi pisang tiga kali sehari sebagai pencuci mulut, untuk meningkatkan daya tangkap dan konsentrasi. 

  • Menurunkan Tekanan Darah



Manfaat dan khasiat pisang berikutnya adalah menetralkan tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang cukup tinggi dalam buah pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan stroke. Inilah alasan mengapa dokter sering menganjurkan pasien penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk mengkonsumsi lebih banyak pisang. 

  • Menjaga Kesehatan Mata



Dengan mengkonsumsi setidaknya tiga buah pisang setiap hari, dapat menurunkan risiko gangguan penglihatan karena usia lanjut atau biasa disebut degenerasi makula. 

  • Menurunkan Berat Badan



Diet dengan makan empat buah pisang dan empat gelas susu "non fat" (susu tanpa lemak) atau bisa juga dengan susu cair setiap hari sedikitnya tiga hari dalam seminggu, akan membantu menurunkan berat badan. Kalorinya hanya 1250 dan menu ini pas dan cukup menyehatkan.

Bagaimana? Mau rebutan makan pisang sama si amang? Seperti tidak perlu ya, anda bisa menemukan dengan mudah pisang di jual di pasar atau super market. Demikianlah beberapa Manfaat Pisang Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui. Baca juga Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan Asam Urat dan Manfaat Mengkudu untuk Mengatasi Kerontokan Rambut