Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan - Manfaat manggis sudah tidak diragukan lagi, bahkan hampir setiap hari ada iklannya di televisi. Lagi-lagi karena kini orang-orang sudah berlomba-lomba untuk kembali ke alam, kita sudah bosan dengan pengobatan yang katanya paling ampuh tapi dengan menggunakan zat kimia yang justru kadang membuat kita lebih parah.

Tapi memang, kita sangat butuh saran medis, kalau yang alami memang terkadang tidak ada saran dari medis, tapi tidak untuk buah yang satu ini. Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan sudah tidak diragukan lagi, hanya saja memang terkadang kita lebih tergoda dengan iklan di televisi yang begitu meyakinkan kita.

Sebenarnya, tidak hanya buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, kulit dan bijinya juga. Tapi kali ini kita hanya akan membahas Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan, sebelumnya mungkin kita kenalan lebih jauh dulu dengan buah yang memiliki anti oksidan tertinggi ini. Dengan nama latin Garcinia mangostana L., diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara, tumbuh hingga mencapai ketinggian 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berpangsa dan berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. 


Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan, Manfaat Kulit Manggis, Manfaat Kulit Manggis bagi Kesehatan


Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan



Mengandung senyawa xanthone 


Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 


Menghambat penuaan


Menurut penelitian lain, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga Anda awet muda. 


Antikanker



Selain sebagai antioksidan, khasiat xanthone juga sebagai antikanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. 


Menyehatkan Mata, Kulit dan Rambut



Menurut hasil penelitian oleh pakar nutrisi dari Amerika, buah manggis dapat membantu membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat. 


Meningkatkan Stamina dan Tenaga



Manggis juga memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh. 




Cara Perawatan


  1. Cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit dari 2 butir buah. 
  2. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. 
  3. Air rebusan disaring untuk kemudian diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari. 

Akan tetapi menurut Liska Yunitasari dalam bukunya "Gempur 41 Penyakit dengan Buah Manggis", Anda harus tetap berhati - hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. 

Beberapa kasus dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti gangguan pada ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.



Ternyata banyak Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan. Jadi jangan buru-buru dibuang kulitnya. Baca juga Manfaat Pepaya untuk Menghilangkan Jerawat secara Alami.