Manfaat Buah Apel untuk Mengobati Penyakit Kanker

Apel memiliki banyka manfaat bagi kesehatan, pada artikel sebelumnya admin sudah menjabarkan beberapa Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh dan kali ini admin ingin menjabarkan mengenai Manfaat Buah Apel untuk Mengobati Penyakit Kanker.

Penelitian terbaru menyatakan bahwa memakan satu buah apel sehari ditambah dengan pola diet sayuran / pola makan vegetarian adalah sebuah cara yang sangat efektif untuk mencegah kanker. Dan ini berlaku untuk semua jenis apel, termasuk apel Ana yang merupakan jenis apel unggulan dari Indonesia. Penelitian-penelitian itu dilakukan atas dasar data kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam buah apel, terlebih karena kandungan berbagai senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya. Beberapa hasil penelitian juga memberikan kejutan yang menyenangkan bagi para peneliti.
manfaat apel untuk penyakit kanker

Khasiat apel untuk penyakit kanker antara lain dapat dilihat dari beberapa penelitian berikut ini:

Apel Untuk Mengobati Kanker Usus

Penelitian tentang ini belum dilakukan pada pasien manusia, namun baru menggunakan tikus laboratorium. Tikus diberikan zat pemicu kanker usus besar. Setelah itu, beberapa tikus diberi asupan jus apel selama enam minggu. Hasilnya? Tikus-tikus yang mendapatkan jus apel terbukti mengalami tingkat penurunan sel kanker hingga 43%. Berdasarkan hasil itu, para peneliti mengambil kesimpulan jika mengkonsumsi apel secara rutin dapat membantu dalam penyembuhan kanker usus untuk manusia. Hal ini dipercaya karena kandungan senyawa antioksidan yang disebut procyanidin, yang mampu membunuh sel-sel kanker.

 

Apel Untuk Mengobati Kanker Hati

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, dimana mereka menemukan senyawa procyanidins dalam buah apel. Procyanidins adalah antioksidan yang sangat kuat dan bekerja untuk memicu serangkaian sinyal pada sel-sel yang mengakibatkan kematian pada sel kanker. Dalam penelitian yang dilakukan, tikus yang diberikan diet apel selama 6 minggu hanya memiliki setengah dari jumlah lesi pra-kanker yang dimiliki oleh tikus yang diberikan makanan biasa tanpa tambahan sari apel.

Apel Untuk Mengobati Kanker Paru-Paru

Hal ini berdasarkan penelitian yang melibatkan 10.000 orang sukarelawan. Para sukarelawan tersebut diminta untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin dalam jumlah yang berbeda. Hasil yang didapat cukup mengejutkan. Para sukarelawan yang mengkonsumsi apel dengan jumlah lebih banyak didapati mempunyai kemungkinan 50% lebih rendah untuk terkena kanker paru-paru.

Sampai saat ini para ahli masih melakukan penelitian lanjutan mengenai khasiat buah apel untuk pencegahan dan pengobatan kanker. Apakah senyawa flavonoid dan quercetin termasuk yang berperan di dalamnya.

Luar biasa sekali bukan? Jangan ragu untuk selalu memakan buah apel setia hari ya. Demikianlah beberapa Manfaat Buah Apel untuk Mengobati Penyakit Kanker, semoga bermanfaat.