Manfaat Manggis Untuk Mengatasi Diabetes

Manggis memang terbukti memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, sebelumnya admin sudah pernah berbagi mengenai Manfaat Luar Biasa Buah Manggis Untuk Kesehatan, dan sekarang admin ingin membahas secara terperinci mengenai Manfaat Manggis Untuk Mengatasi Diabetes.

Statistik Penderita Diabetes
Banyak pakar yang menyayangkan kekurang aktifan pemerintah Indonesia dalam memerangi diabetes. Menurut Dr. Aman Bhakti Pulungan Sp.A (K), angka penderita penyakit yang disebabkan oleh asupan gula berlebih ini dapat meningkat sangat tajam jika dibiarkan begitu saja. Program pola makan yang sehat dan standarisasi asupan gula seharusnya disosialisasikan sejak dini di sekolah-sekolah. Hal ini karena anak-anak sangat mudah mengalami obesitas, dan ini rentan terkena diabetes.

Menurut data WHO (badan dunia PBB untuk masalah kesehatan), penderita diabetes di Indonesia untuk tahun 2000 tercatat ada sekitar 8,5juta orang / urutan ke 4 terbanyak di dunia. Dan WHO memprediksi angka ini akan melesat tajam menjadi sekitar 22juta orang pada tahun 2030. Jika dibiarkan, tidak mustahil Indonesia bisa menjadi peringkat teratas untuk jumlah penderita diabetes di dunia.
 

Khasiat Manggis Untuk Penderita Diabetes

manfaat buah manggis menyembuhkan diabetes

Bagi penderita diabetes tipe 2, buah manggis terbukti sangat efektif dalam mengontrol kadar glukosa. Peningkatan dalam kontrol kadar glukosa ini diketahui karena kemampuan buah ini untuk mengurangi resistensi insulin pada jaringan dalam tubuh. Terbukti bahwa terjadi penurunan kadar gula darah yang sangat signifikan, bahkan hanya dalam beberapa hari awal pengkonsumsian jus manggis. Namun secara umum, penurunan kadar gula darah ini terjadi secara bertahap untuk sebagian besar penderita.

Bagi penderita diabetes tipe 1, efek penurunan kadar glukosa mungkin sedikit rendah, namun anda tetap memperoleh manfaat dari kandungan antioksidan dalam buah ini. Seperti diketahui bahwa dampak buruk dari penyakit ini semakin diperparah oleh radikal bebas yang terserap dalam tubuh. Dan buah manggis mempunyai banyak kandungan antioksidan yang sangat kuat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan Manfaat Manggis Untuk Mengatasi Diabetes? Konsultasikan ke dokter secara berkala.