Manfaat Luar Biasa Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan - Buah kelengkeng memiliki banyak nama daerah, lengkeng, badaro, mata kucing dsb. Kelengkeng memiliki Dimocarpus logan ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Kandungan yang sangat berlimpah pada kelengkeng membuatnya termasuk ke dalam buah yang paling bermanfaat bagi manusia. Kandungan nutrisi tersebut seperti  sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya. Dari segitu banyak jumlah nutrisi yang terdapat di dalam membuat ada banyak sekali Manfaat Luar Biasa Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan.

Manfaat Luar Biasa Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Kelengkeng
ilustrasi Buah Kelengkeng


  • Hilang nafsu makan, limpah lemah dan diare

Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

  • Luka bakar

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

  • Luka luar yang tak kunjung sembuh

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

  • Jari kaki gatal dan bernanah

Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

  • Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)

“Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.

  • Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit

Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

  • Lemah dan kurang tenaga saat hamil

Minumlah setiap hari satu sendok “tonik lengkeng” pada pagi dan malam hari.

Bagaimana? ada banyak sekali bukan Manfaat Luar Biasa Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan, mengkonsumsi buah memang bermanfaat untuk kesehatan kita. Baca juga Manfaat Dahsyat Buah Sirsak Bagi Kesehatan.