Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan - Belimbing yang berbentuk seperti bintang ternyata mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita. Siapa yang menyangka jika tumbuhan yang bisa tumbuh di belakang rumah tanpa perawatan ini bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia.

Bahkan terkadang, tumbuhan yang satu ini tidak dihiraukan, dibiarkan jatuh berguguran, parahnya, si empunya justru pergi ke super market, ke pasar, atau ke mini market untuk membeli buah-buahan yang lain. Setelah membaca artikel Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan ini mungkin si empunya buah belimbing akan berfikir lagi untuk membeli buah lain, dan menyia-nyiakan belimbing yang ada di pekarangan rumahnya.

Sebelum kita membahas Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan, terlebih dahulu kita membahas kandungan yang terdapat pada belimbing. Buah belimbing segar memiliki berbagai macam vitamin dan zat nutrisi lainnya yang memiliki aneka khasiat untuk kesehatan. Komposisi kandungan vitamin dan zat nutrisi per 100 gram belimbing segar adalah vitamin A sebesar 170 SI, vitamin B1 0,03 mg, Vitamin C 35 mg, zat besi 1,1, mg, fosfor 12 mg, kalsium 4 mg, karbohidrat 8,8 gr, protein 0,4 gr, lemak 0,4 gr dan kalori 36 kal.


Manfaat Belimbing Bagi kesehatan, belimbing, Manfaat Belimbing

Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan


Sementara itu, berbagai bagian dari tanaman belimbing memiliki khasiatnya masing-masing yang dapat dirinci sebagai berikut :
a. akar belimbing berkhasiat untuk anti-inflamasi dan diuretik.
b. daun belimbing berkhasiat untuk anti-inflamasi, anti-piretik dan diuretik.
c. bunga belimbing berkhasiat untuk anti-piretik dan ekspektoran, dan
d. buah belimbing berkhasiat untuk anti-inflamasi, analgesik, dan diuretik. 

Penjelasan dari istilah-istilah medis di atas :
Inflamasi berarti peradangan, jadi anti-inflamasi artinya mencegah, meredakan, dan menyembuhkan peradangan. 

Diuretik adalah zat yang bersifat meningkatkan produksi air seni. 

Piretik dari kata dalam Bahasa Inggris "pyretic" yang berarti berkaitan dengan, ditimbulkan dan dipengaruhi oleh demam. Jadi anti-piretik berarti mencegah, meredakan, dan menyembuhkan hal-hal yang berkaitan dengan demam. 

Ekspektoran adalah zat atau obat yang dapat merangsang pengeluaran dahak dari saluran pernafasan. 

Analgesik adalah zat atau obat yang berfungsi sebagai penahan rasa sakit.


Ternyata sehat itu tidak harus selalu mahal ya? sehat itu cuma bagi mereka yang mau saja. Kalau tidak mau sehat ya tidak apa-apa. Demikianlah Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan yang harus anda ketahui, semoga memberi pencerahan untuk kita semua.