Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Serta Sumbernya

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Serta Sumbernya - Kalau berbicara mengenai manfaat vitamin A, mungkin langsung terbersit manfaatnya bagi kesehatan mata, memang vitamin Am berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, lalu manfaat lainnya apa?

Sebenarnya ada banyak Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Serta Sumbernya dari buah, sayuran dan makanan-makanan lain. Mari kita bahas satu persatu, kita kupas secara detail.

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Serta Sumbernya



Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan, Manfaat Vitamin A, Sumber vitamin A

Sumber dan Manfaat Vitamin A

Kebutuhan Vitamin A untuk tubuh yaitu 900 mikrogram per hari dan tidak lebih dari 3.000 mikrogram. Untuk memenuhi asupan tersebut kita harus rajin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin A. Berikut adalah sumber Vitamin A yang terdapat pada makanan.

Umbi-umbian

Umbi-umbian yang mengandung banyak vitamin A antara lain ubi jalar merah, ubi rambat merah, ubi kuning, ubi kuning kukus.

Biji-bijian

Dari biji-bijian atau kacang-kacangan yang banyak mengandung Vitamin A adalah kacang ercis dan kacang merah

Sereal

Sereal yang berasal dari jagung kuning dan gandum

Buah-buahan

Apel, buah negeri, kesemek, mangga, pepaya, sowa serta sukun serta pisang merupakan buah yang mengandung Vitamin A

Sayuran

Sayuran yang mengandung banyak vitamin A adalah Wortel, bakung, bayam, bayam keripik goreng, bayam merah, bunkil daun talas,  daun genjer, daun kacang panjang, daun jambu, daun jambu mete, dan daun hijauan lainnya.

Hasil olahan

Vitamin A yang bersumber dari hasil olahan adalah tepung ikan serta tepung susu, kepala susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit.

Hewani

Sumber vitamin A yang berasal dari Hewani adalah hati ayam, sosis hati, daging ayam, bebek, ginjal domba, hati sapi, berbagai jenis ikan ( kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang, baronang, cakalang, gabus, kawalinya dan tongkol), telur ikan serta telur asin.
Makanan dengan kandungan vitamin A yang Tinggi
  • hati (sapi, babi, ayam, kalkun, ikan) (6500 mg 722%)
  • wortel (835 ug 93%)
  • mentega (684 mg 76%)
  • kangkung (681 ug 76%)
  • brokoli daun (800 mg 89%)
  • telur (140 mg 16%)
  • aprikot (96 mg 11%)
  • kacang (38 mg 4%)
  • brokoli (31 mg 3%)
  • susu (28 mg 3%)
  • collard hijau (333 mg 37%)
  • Keju cheddar (265 mg 29%)
Vitamin A memang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Namun, manfaat Vitamin ini tentunya bukan hanya itu saja. Berikut adalah manfaat vitamin A selain untuk kesehatan mata.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Retinil palmitat dan retinil asetat yang terkandung dalam Vitamin A dapat mencegah infeksi dari berbagai macam organisme kecil yang merugikan tubuh. Seperti bakteri yang mencoba masuk dalam tubuh melalui  makanan dan pernafasan.

  • Perkembangan janin

Vitamin A memilki sifat mudah larut dalam air dan lemak sehingga sangat diperlukan untuk kesehatan janin. Seperti membantu perkembangan sel mata, untuk kesehatan kulitnya, organ mata, membantu perkembangan jantung dan untuk pertumbuhan tulang.

  • Menghambat Penuaan dini

Vitamin A juga menghasilkan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas seperti udara tidak bersih yang masuk kedalam organ pernafasan kita. Jika reaksi antioksidan itu semakin tinggi maka akan semakin banyak polusi yang masuk ke dalam tubuh kita. Namun dengan vitamin A maka kerusakan akibat radikal bebas tersebut bisa dicegah untuk memperlambat proses penuaan pada kulit.

  • Menghambat sel kanker payudara

Berdasarkan dari penelitian para ilmuan, diketahui bahwa vitamin A ini dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara. Walaupun tidak secara langsung, tapi bentuk turunannya seperti asam retinoat atau retinol akan menghambat pertumbuhan jaringan kanker tersebut.

Bagaimana? Ternyata sangat luar biasa sekali ya Manfaat Vitamin A bagi kesehatan kita, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Luar Biasa Buah Semangka bagi Kesehatan dan Manfaat Luar Biasa Gingseng Bagi Kesehatan.