Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi -  Selama ini mungkin anda sudah tahu aneka manfaat vitamin C, terutama bagi kesehatan, seperti untuk mencegah sariawan, melancarkan pencernaan, dan lain sebagainya. Manfaat-manfaat tersebut memang sudah sangat populer di masyarakat kita.

Tahukah anda? Ternyata ada banyak Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi. Mungkin anda baru dengan kok vitamin C bisa bermanfaat bagi psikologi, ya vitamin C ternyata cukup baik dan mampu menenangkan kejiwaan kita.

Anda penasaran? Baiklah langsung saja kita bahas satu persatu apa saja Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi, berikut ini akan kami uraikan mengenai manfaatnya, serta sumber makanan, buah atau sayur yang mengandung vitamin C. Selamat membaca.
Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi


Sumber dan Manfaat Vitamin C

Berikut ini merupakan sumber makanan lainnya yang banyak mengandung Vitamin C selain dari Jeruk.

Kiwi memilki bentuk dan tekstur daging eksotis dengan cita rasa yang unik. Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh. Dalam satu buah kiwi terdapat kandungan vitamin C sebanyak 137,2 miligram.

  • Cabai Rawit

Cabai rawit mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Namun jika konsumsi secara berlebihan jelas tidak baik untuk lambung. Setidaknya mendapatkan sedikit asupan Vitamin C bagi anda yang gemar mengonsumsi makanan pedas.

Jika ingin mendapatkan nutrisi vitamin C pada Buah jambu biji, anda dapat menikmatinya secara langsung maupun diolah menjadi jus. Sebagian orang suka jambu biji yang sudah matang, sementara beberapa memilih yang agak mentah.
  • Paprika

Paprika juga kaya akan vitamin C sama seperti cabai. Satu cangkir paprika merah yang sudah diiris terkandung 190,3 miligram vitamin C. Sedangkan pada paprika hijau mengandung 119,8 miligram.

  • Blewah


Kabar baik bagi Anda yang menyukai blewah. Sebab blewah juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Satu porsi blewah terdapat 49,2 miligram vitamin C.

  • Grapefruit


Grapefruit sebenarnya masih bersaudara dengan buah jeruk. Untu k itu, buah ini juga mmemilki kandunganvitamin C tinggi. Selain itu, grapefruit juga cocok dijadikan menu sarapan karena kaya akan serat.

Oke itu tadi beberapa buah, makanan dsb yang menjadi sumber vitamin C, selain jeruk ya. Kalau jeruk sudah jelas, nah berikut ini manfaatnya.

  • Mengendalikan Kadar Kolesterol

Manfaat Vitamin C selanjutnya yaitu membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk meningkatnya kolesterol darah serta timbulnya batu empedu.
  • Membantu Pertumbuhan

Vitamin C berguna untuk membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan seluruh bagian tubuh kita. Vitamin C berfungsi untuk membentuk collagen, protein untuk pembentukan kulit, ligamen, tendon  serta pembuluh darah. Selain itu, juga dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka dan memelihara tulang dan gigi.
  • Mencegah Penuaan

Vitamin C adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas. Vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, karbohidrat, lipid dan asam nukle. dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun serta polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penuaan dini.
  • Memperbaiki Mood

Vitamin C bisa membantu memperbaiki mood dengan cara mengurangi stres. Pada saat stres, tubuh Anda akan memproduksi radikal bebas dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan biasanya. Dalam hal ini Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas tersebut dengan efektif.
Selain membantu mengurangi stres, vitamin C dalam tubuh juga membantu mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal.
  • Mempercepat Pemulihan

Semua orang membutuhkan Vitamin C. Bagi seorang atlet professional, Vitamin C berguna untuk menjaga kekebalan tubuh serta membantu seorang atlet dalam proses pemulihan tubuh setelah melakukan latihan yang berat.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Vitamin C telah terbukti menjadi salah satu faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berfungsi mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana terjadinya pembakaran lemak. Akibat dari kekurangan molekul lemak selama proses metabolisme bisa menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Maka akan terjadi penimbunan lemak jika kadar carnitine dalam tubuh menurun.

Bagaimana? Itulah beberapa Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan dan Manfaat Sayur Bayam bagi Kesehatan Tubuh.