Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita - Siapa yang tidak kenal kurma, kurma yang katanya banyak tumbuh didaerah jazirah arab ternyata bisa sampai ke seluruh penjuru dunia, bahkan kita juga bisa menjumpai ada pohon kurma di Indonesia. Bumi kita memang kaya, bahkan batu pun bisa jadi tanaman, begitu kata bait syair.

Sebelum kita membahas Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita ada baiknya kita perkenalan dulu dengan buah dari jenis palma ini. Kurma memilki nama Latin Phoenix dactylifera, Untuk asal Muasal dari pohon kurma tidak di ketahui secara pasti di mana pohon ini berasal namun banyak yang meyakini jika Pohon Kurma ini berasal dari Tanah sekitaran sungai Efert dan Juga Sungai Nil, Buah Kurma memiliki Kandungan Gula 80% selebihnya mengandung Protein, Lemak, Mineral dan Juga Tenaga, Magensium, Besi dan Asam Folat, Buah Kurma Kaya akan Serat, sehingga Nabi Menganjurkan Untuk Mengkonsumsi Buah Kurma ketika akan Berbuka Puasa.

Kurma memang biasanya kalau masyarakat kita jumpai di saat puasa atau lebaran, ya karena memang sunnah hukumnya berbuka dengan kurma, tapi kalau Rasulullah SAW beliau biasa makan kurma dan madu pada pagi dan petang, itu adalah rahasia sehat ala Rasulullah SAW, memang kita tidak pernah mendengar rasulullah sakit para selama hidupnya, kecuali menjelang beliau wafat, berbeda dengan gaya hidup barat yang serba glamor tapi mengandung racun, kita tidak pernah mendengar para sahabat menderita kolesterol, jantung koroner, gagal ginjal, tekanan darah tinggi dsb.

Itu semua karena pola hidup mereka yang sehat dan terprogram, ditengah kesibukan mereka berdakwah dan menyebarkan islam, apalagi kalau zaman dahulu memang umat islam sangat sering berperang melawan Romawi, Persia dan Kafir Qurais, tapi tubuh mereka tetap sehat dan bugar, salah satu anjuran Rasulullah adalah dengan mengkonsumsi kurma, sehingga perlu bagi anda untuk mengetahui Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita.

Manfaat Buah Kurma, Manfaat Buah Kurma bagi kesehatan

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita

  1. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  2. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  3. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  4. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  5. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
  6. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  7. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  8. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  9. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  10. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  11. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  12. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
Bagaimana? Dahsyat bukan, dan saya yakin masih ada banyak lagi Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Kita, cuma memang belum terungkap secara medis. Baca juga Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Manfaat Luar Biasa Buah Sawo Bagi Kesehatan.