Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan

Tahukah anda, ada banyak sekali Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan. Namun memang tidak banyak masyarakat kita yang menggunakannya sebagai herbal, justru lebih banyak yang menggunakannya sebagai bahan pewarna pakaian.

Pinang memiliki nama Latin Areca catechu dan dalam bahasa Inggris buah ini di kenal dengan nama buah Betel palm atau Betel nut tree, hal ini karena Pinang merupakan jenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Oke, langsung saja, berikut ini adalah Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan yang harus anda ketahui.

Manfaat Buah Pinang
Ilustrasi Buah Pinang

Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan


  • Keluar Darah Berlebihan

Air rebusan biji pinang juga digunakan untuk mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis dan mencret.

  • Sakit pinggang

Ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.

  • Kudis

Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan di bagian yang sakit.

  • Difteri

Siapkan dua biji buah pinang kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Minum perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri.

  • Mengecilkan Rahim

Biji pinang muda digunakan kaum wanita untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Caranya masak buah pinang muda lalu airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal.

  • Rabun Mata

Untuk mengobati rabun mata. Cukup dengan langsung dikunyah dan airnya ditelan.

  • Meningkatkan gairah

Meningkatkan gairah seks kaum pria. Khasiat ini di ketahui karena di dalam pinang terkandung arekolin. Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas. Keduanya memiliki khasiat yang sama.

  • Mengobati luka kulit

Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.

  • Obat cacingan

Siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua bahan tersebut direbus kemudian disaring. Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan.

  • Menguatkan gigi dan gusi

Ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut.

  • Mengobati telinga bernanah

Caranya, ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dahulu telinga anak yang sakit dengan kapas, setelah itu tetesi dengan air perasan pinang di bagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat telinga dengan kapas agar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Bagaimana? Ternyata wow Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan, bukan? Gunakan yang alami untuk anda dan keluarga. Baca juga Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Wajib Diketahui.