Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan Serta Jenis-Jenisnya

Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan Serta Jenis-Jenisnya - Selamat datang para pembaca yang budiman, apa kabarnya hari ini? Pada artikel sebelumnya, admin sudah membahas mengenai Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Serta SumbernyaManfaat Vitamin C Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Psikologi dan Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan.

Kali ini admin ingin sedikit berbagi beberapa Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan Serta Jenis-Jenisnya, ada banyak jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Saat tubuh anda mengalami kekurangan vitamin B, maka akan berakibat tidak baik untuk kesehatan, akan timbul berbagai penyakit.

Baiklah pemirsa, berikut ini adalah Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan Serta Jenis-Jenisnya, juga diuraikan mengenai sumber-sumber makanan yang mengandung multivitamin yang menyediakan variasi beberapa jenis vitamin B yang disebut dengan vitamin B-kompleks. 

Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan


Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan Serta Jenis-Jenisnya

  • Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 berfungsi Mengubah zat karbohidrat yang ada dalam makanan menjadi energi. Kebutuhan bagi Wanita 1,1 mg, Pria 1,2 mg, wanita hamil dan menyusui 1,4 mg. Sumber yang mengandung Vitamin B1 yaitu  makanan laut seperti udang, kepiting atau kerang, Nasi, roti, sereal, tepung terigu. Kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan kulit kering dan bersisik serta daya tahan tubuh akan berkurang.

  • Vitamin B2 (Riboflavin)

Berfungsi menjaga kesehatan mata dan kulit. asupan yang diperlukan bagi Wanita 1,1 mg, Pria 1,3 mg, wanita menyusui 1,6 mg. Sumber makanan yang mengandung Vitamin B2 adalah brokoli,bayam, jamur, Susu, keju, ayam. Kekurangan vitamin B2 bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh,  bibir pecah-pecah, sariawan, kulit kering bersisik, mulut kering.

  • Vitamin B3 (Niasin)

Memilki fungsi untuk Meningkatkan nafsu makan, untuk kesehatan kulit, membantu mengubah makanan menjadi energi serta memperbaiki sistem pencernaan. Asupan yang dibutuhkan Untuk Wanita 14 mg, Pria 16 mg, wanita hamil 18 mg, Bagi Wanita menyusui 17 mg. Sumber makanan yang mengandung Vitamin B3 adalah Daging sapi, jamur, padi-padian, kacang-kacangan. Kekurangan vitamin B3 bisa mengakibatkan terganggunya sistem pencernaan, insomnia, otot mudah keram dan kejang, mudah muntah dan mual-mual, badan lemas.

  • Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Vitamin B5 berguna untuk membantu proses pemecahan karbohidrat,lemak, protein menjadi energi. Manfaat lainnya adalah untuk pembentukan sel darah merah serta membuat vitamin D. Asupaun yang dibutuhkan bagi Wanita 4 mg, Pria 6 mg, Wanita hamil 5 mg, Wanita menyusui 6 mg. Sumber makanan yang mengandung Vitamin B5 yaitu Alpukat, semangka, ayam, ikan sarden. Kekurangan vitamin B5 bisa mengakibatkan otot mudah menjadi kram, gangguan emosi dan sulit tidur.

  • Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin B6 sangat berguna dalam proses asam amino dan lemak. Asupan yang dibutuhkan bagi Wanita 1,3 mg, Pria 1,3 mg, Wanita hamil 1,9 mg, Wanita menyusui 2 mg. Akibat dari kebanyakan konsumsi vitamin B6 lebih dari 50 mg per hari bisa menyebabkan kerusakan saraf secara permanen. Sumber makanan yang mengandung Vitmain B6 adalah Pisang, buah yang berwarna ungu, sayuran hijau, daging unggas, ikan, sapi, kentang dan tomat. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan keram pada otot dan insomnia (sulit tidur) dan pelagra (kulit pecah-pecah).

  • Vitamin B7 (Biotin)

Memilki manfaat untuk membantu dalam proses pemecahan lemak dan protein menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh. Asupan Biotin yang dibutuhkan bagi Wanita 25 mkg, Pria 30 mkg, Wanita hamil 30 mkg, Wanita menyusui 35 mkg. Sumber makanan  yang mengandung Vitamin B7 yaitu Sereal, pisang, kacang tanah, daging ikan salmon, telur dan susu. Kekurangan vitamin B7 dapat menimbulkan penyakit  Hyperesthesia, Dermatitis dan Anorexia, Anemia, Paresthesia, Keratokonjungtivitis serta terganggunya fungsi jantung.

  • Vitamin B9 (Folat)

Vitamin ini berperan dalam perkembangan sel-sel pada tubuh, membentuk sel darah merah serta mencegah terjadinya kerusakan saraf pada janin. Asupan kebutuhan folat bagi Wanita 400 mkg, Pria 400 mkg, Wanita hamil 600 mkg, Wanita menyusui 500 mkg. Sumber makanan yang mengandung Vitamin B9 adalah Susu dan produk olahan susu, bit, hati, melon dan sayuran berdaun hijau. Kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan terganggunya fungsi otak, pertumbuhan tulang belakang, sariawan, diare, dll.

  • Vitamin B12 (Kobalamin)

Memilki fungsi Mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi, menjaga sel darah merah tetap sehat, mencegah penyakit jantung, melindungi sel saraf serta mencegah penyusutan otak yang dapat menyebabkan daya ingat menurun. Asupan Kebutuhan Vitamin B12 bagi Wanita 2,4 mkg, Pria 2,4 mkg, Wanita hamil 2,6 mkg, Wanita menyusui 2,8 mkg. Sumber makanan yang mengandung Vitamin B12 adalah  Telur, susu, kedelai dan rumput laut, daging sapi, daging ikan, hati. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia (kurang darah) dan mudah lelah.

Bagaimanya, ternyata ada banyak sekali ya Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan Serta Jenis-Jenisnya, semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat Sayur Bayam bagi Kesehatan Tubuh.